Perubahan Dimulai Dari Dirimu Sendiri (Dari Dalam Ke Luar)

 

Kita merangkak sebelum berjalan. Kita belajar aritmatika sebelum aljabar. Kita harus membenahi diri sendiri sebelum membenahi orang lain. Kalau kamu ingin membuat perubahan dalam hidupmu mulailah dari dirimu sendiri, bukannya orang tuamu, atau pacarmu, atau gurumu. Semua perubahan dimulai dari dirimu sendiri. Dari dalam ke luar.  

Bukannya dari luar ke dalam.
Saya mengutip tulisan seorang uskup Anglikan :
Sebelum aku bisa menang dalam hidup bermasyarakat, aku harus terlebih dahulu menang dalam pergaulan batin. Semua perbuatan dimulai dari diri sendiri.
Ketika aku masih kecil dan bebas,
Dan imajinasiku tidak ada batasnya,

Aku mengimpikan untuk mengubah dunia;
Ketika aku semakin besar dan
Semakin bijaksana, aku sadar bahwa
Dunia tak mungkin diubah.

Dan aku putuskan untuk mengurangi impianku
Sedikit demi sedikit dan hanya mengubah negaraku.
Tetapi itu pun tampaknya tidak mungkin.

Ketika aku memasuki usia senja,
Dalam suatu upaya terakhir, aku berusaha
Mengubah keluargaku sendiri,
Mereka yang paling dekatku, tetapi sayang,
Mereka tidak menggubrisku.

Dan sekarang, aku sadar
(mungkin untuk pertama kalinya) bahwa kalau
Saja aku mengubah diriku dulu, lalu dengan teladan
Mungkin aku bisa mempengaruhi keluargaku,
Dan dengan dorongan dan dukungan mereka
Mungkin aku bisa membuat negaraku
Menjadi lebih baik, dan siapa tahu,
Mungkin aku bisa mengubah dunia.

Sumber:the 7 habbits of highly effectife teens book

0 Response to "Perubahan Dimulai Dari Dirimu Sendiri (Dari Dalam Ke Luar)"

Posting Komentar